300x250 AD TOP

Friday, May 30, 2014

Tagged under: , ,

Penyakit akibat rokok



15 PENYAKIT AKIBAT ROKOK



Rokok dan asapnya diketahui bisa menyebabkan berbagai penyakit. bahkan, diantaranya terbilang mematikan. tak tanggung -tanggung ada 15 penyakit berbahaya disebabkan rokok. Pada umumnya tidak ada satu pun organ tubuh yang tidak terpengaruh oleh rokok Karenanya hampir semua organ bisa rusak oleh rokok.
hal ini karena didalam 1 batang rokok mengandung 4.000 senyawa kimia yang 40 diantaranya termasuk racun (Toksin) atau karsinogenik ( bisa menyebabkan kanker )
Dikatakan Dr Zukkhair Ali SpPd KEGH, Spesialis penyakit dalam RSMH palembang.

Penyakit akibat rokok :

1. Kanker Paru - paru
Salah satu penyakit yang sering ditemukan pada masyarakat akibat rokok adalah kanker paru-paru
sekitar 90 % kasus kanker paru - paru diakibatkan oleh rokok. hal ini disebabkan oleh asap rokok akan masuk secara inhalasi ke paru - paru. Zat dari rokok ini akan merangsang sel di paru - paru menjadi tumbuh abnormal.

2. Kanker Kandung Kemih
Rokok juga menyebabkan kanker kandung kemih yang terjadi pada sekitar 40 % perokok.
kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih

3. Kanker payudara
akibat yang timbul dari rokok baik laki - laki maupun perempuan, Seperti kanker payudara " perempuan yang merokok lebih beresiko mengembangkan kanker payudara". perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil, Pertama kali beresiko lebih besar terkena kanker payudara.

4. Kanker Serviks
Ada 30 % kematian kanker serviks disebabkan oleh merokok. hal ini karenan perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual

5. Kanker Kerongkongan 
Asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker Kerongkongan.
sekitar 80 % kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

6. kanker Pencernaan
meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga menyebabkan resiko kanker Gastroin testinal (pencernaan)

7. Kanker Ginjal 
Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk kedalam tubuh bersama bahan kimia berbahaya lainnya. Seperti : Karbon momoksida dan Tar menyebabkan perubahan denyut jantung, tekanan darah tinggi, pernapasan sirkulasi. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.

8. Kanker Mulut
Tembakau adalah penyebab pertama kanker mulut, perokok enam kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan orang yang tidak merokok, orang yang merokok tembakau tanpa asap berisoko 50 kali lipat lebih besar beresiko terkena kanker mulut.

9. Kanker Tenggorokan
Asap rokok yang dihirup sebelum masak ke paru-paru akan melewati tenggorokan akan dikaitkan dengan rokok.

10. Jantung 
Nikoton dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Karbon monoksida, mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak, jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi maka bisa menyebabkan serangan jantung

11.Kanker jantung koroner
penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain,
Seperti diabetes melitus,

12. Diabetes Militus
Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang disebabkan oleh penumpukan lemak, hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan perut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

13. Penyakit paru obstruktif kronik (ppok)
Penyakit paru obstruktif kronik (ppok) juga merupakan salah satu penyakit akibat rokok, kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas

14. Impotensi
Bagi laki-laki berusia 30 tahun dan 40 an, maka merokok bisa meningkatkan resiko disfungsi ereksi sekitar 50 %, hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, Nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan aliran darah ke penis

15. Penyakit lainnya
beberapa gangguan medis lainnya juga bisa disebabkan oleh rokok,
seperti tekanan darah tinggi (Hipertensi), Gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran pernapasan. beresiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula ( hilangnya penglihatan secara bertahap ), Katarak, menjadi sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di Gigi dan Gusi, dll

Semoga bermanfaat C_P

0 comments:

Post a Comment